Thursday, April 8, 2010

Pengertian VIRUS dan Teman-temannya

Virus adalah program komputer yang dapat menduplikasikan dirinya dan menginfeksi komputer tanpa permisi atau tanpa sepengetahuan pengguna. Istilah “Virus” juga biasanya digunakan untuk menggambarkan beberapa type virus lainnya seperti malware, adware dan spyware yang tidak memiliki kemampuan untuk melakukan duplikasi layaknya sebuah virus. Virus dapat dengan cepat menyebar dari komputer yang satu ke komputer lainnya ketika virus tersebut di tempatkan dalam komputer korban, hal itu dapat terjadi karena secara tidak langsung pengguna mengirimkan program virus tersebut melalui jaringan atau internet, atau melalui beberapa perangkat komputer lainnya seperti floppy disk, USB.

Spyware dan Adware
adalah suatu program (software) yang sengaja dibuat dan disebarluaskan oleh para produsen pembuatnya dan disebarluaskan di internet agar mereka bisa mengintai semua aktifitas orang lain di internet, khususnya pada saat mereka sedang melakukan browsing. Jika program yang mereka buat ( terdapat spyware / adware) sudah tertanam dan aktif di komputer seseorang, maka mereka akan mudah melakukan berbagai hal yang pada intinya akan merugikan pengguna internet. Jadi spyware itu bisa di ibaratkan parasit pada sebuah computer.

Malware
adalah program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau operating sistem.

Worm adalah jenis virus yang tidak menginfeksi program lainnya. Ia membuat copy dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya menggunakan hubungan jaringan) tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lainnya; akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merusak file dan program

Trojan adalah replika atau duplikat virus. Trojan dimasukan sebagai virus karena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya pada sebuah computer. Sifat trojan adalah mengkontrol computer secara otomatis.

.......pokonamah sami sadayana oge virus komputer......

Sumber dari internet..

No comments:

Post a Comment